Menu

Mode Gelap
Duka di Stadion Kanjuruhan, Wagub Riza Patria: Tak Boleh Terulang Anies Baswedan Sebut Polarisasi dalam Politik Tak Hanya Isu Agama

Dunia · 7 Okt 2022 13:34 WIB ·

Para Pemimpin Uni Eropa Berusaha Sepakati Batas Harga Gas


 Para Pemimpin Uni Eropa Berusaha Sepakati Batas Harga Gas Perbesar

Para pemimpin Uni Eropa berkumpul di Kastil Praha, Jumat (7/10) pagi, dalam usaha pencapaian signifikan terkait batas harga gas alam sementara musim dingin mendekat dan perang Rusia di Ukraina memicu krisis energi besar.

Batas harga adalah satu dari beberapa langkah yang sedang dipersiapkan blok 27 negara itu untuk mengatasi krisis energi di Eropa. Krisis telah menaikan harga bagi konsumen dan bisnis, dan dapat menyebabkan pemadaman bergilir, penutupan pabrik, dan resesi mendalam selama musim dingin.

Sementara negara-negara Eropa meningkatkan dukungan mereka untuk Ukraina dalam bentuk senjata, uang dan bantuan, Rusia mengurangi atau menghentikan aliran gas alam ke 13 negara anggota Uni Eropa. Tindakan itu menyebabkan harga gas dan listrik berdasarkan permintaan biasanya memuncak selama bulan-bulan yang dingin.

Yang memegang kesepakatan adalah fakta sederhana bahwa setiap negara anggota mengandalkan sumber energi dan pemasok yang berbeda, dan mereka lebih mengutamakan kepentingan masing-masing.

Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karins mengungkapkan tantangan yang dihadapi Uni Eropa Sewaktu mempertimbangkan kemungkinan adanya plafon harga gas. “Pembatasan harga gas, jika itu bisa dicapai, merupakan sesuatu yang biasa dengan catatan bahwa kita tidak dapat membahayakan keamanan pasokan,” kata Karins.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengatakan ia berharap “rintangan terakhir” untuk pemberian harga tetapi dapat diatasi pada pertemuan itu, juga bahwa tindakan bersama harus disepakati untuk mengirim dua pesan penting.

Fasilitas pipa gas Nord Stream 1 terlihat di Lubmin, Jerman, 8 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Hannibal Hanschke)

“Pertama, ke pasar energi, untuk memperjelas bahwa kita tidak lagi menerima harga ini, kita tidak akan terus membayar kompensasi pasar ini. Kedua, sinyal penting bagi rakyat kita, kepada perusahaan-perusahaan kita, bahwa kita akan mengatasi masalah ini sampai ke akar-akarnya,” katanya.

Sekelompok 15 negara telah mendesak cabang eksekutif Uni Eropa, untuk meminta bantuan dari komisi mungkin, tetapi gagasan tersebut belum mendapatkan dukungan dengan dukungan suara bulat, dengan Jerman terutama memblokirnya.

Untuk saat ini, komisi itu mengatakan, kapasitas penyimpanan gas Eropa tetap dipertahankan pada angka 90%, bahkan ketika pasokan gas Rusia ke Uni Eropa menurun 37% antara Januari dan Agustus, dengan AS dan Norwegia turun tangan untuk menyediakan gas alam cair. Tapi persediaan pengganti itu tidak murah.

“Oleh karena itu saya merekomendasikan untuk meningkatkan negosiasi dengan pemasok terpercaya kita untuk mengurangi harga gas impor dari semua jenis,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen sebuah surat kepada para pemimpin negara KTT yang diselenggarakan pada Jumat di Ibu Kota Ceko itu.

Von der Leyen juga merekomendasikan agar negara-negara bekerja sama untuk “mengembangkan intervensi untuk membatasi harga di pasar gas alam,” di mana telah berfluktuasi pembohong karena kegelisahan akan perang dan kemungkinan tanggapan nasional yang tidak terkoordinasi terhadap masalah tersebut.

Karena harga gas yang menaikkan harga listrik, kata von der Leyen, Uni Eropa juga harus bekerja untuk membatasi harga gas yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Ia juga meminta Uni Eropa untuk meningkatkan kemandirian energi dengan berinvestasi dalam infrastruktur dan menerapkan langkah-langkah efisiensi. Pipa, pembangkit listrik dan kabel transmisi juga harus lebih terlindungi, katanya. [ab/ka]

CURAHMEDIA.COM
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

PTBA Beberkan Langkah untuk Menjadi Perusahaan Kelas Dunia

1 Desember 2022 - 16:37 WIB

PTBA Beberkan Langkah untuk Menjadi Perusahaan Kelas Dunia

Ekspansi Hotel di Rest Area, Puri Sentul Permai Gaet Swiss-Belhotel

1 Desember 2022 - 15:37 WIB

Ekspansi Hotel di Rest Area, Puri Sentul Permai Gaet Swiss-Belhotel

Nilai Rupiah Menguat, Sementara Inflasi Akan Menentukan Sikap ‘Hawkish’ BI

1 Desember 2022 - 14:53 WIB

Nilai Rupiah Menguat, Sementara Inflasi Akan Menentukan Sikap 'Hawkish' BI

BBM Pertamina Non Subsidi Resmi Naik Per 1 Desember 2022, Ini Harganya

1 Desember 2022 - 14:35 WIB

BBM Pertamina Non Subsidi Resmi Naik Per 1 Desember 2022, Ini Harganya

BI Optimistis Inflasi Berada di Bawah 3 Persen pada 2023 dan 2024

1 Desember 2022 - 13:34 WIB

BI Optimistis Inflasi Berada di Bawah 3 Persen pada 2023 dan 2024

Langkah Segar Kumala Pacu Kinerja Usaha di Tengah Ancaman Resesi

1 Desember 2022 - 12:32 WIB

Melantai di Bursa, BSBK Catatkan Oversubscribed 25,37 Kali
Trending di aksi korporasi