Menu

Mode Gelap
Duka di Stadion Kanjuruhan, Wagub Riza Patria: Tak Boleh Terulang Anies Baswedan Sebut Polarisasi dalam Politik Tak Hanya Isu Agama

agus gumiwang kartasasmita · 6 Okt 2022 12:03 WIB ·

Kemenperin dan Produsen Motor Listrik Berembuk Standarkan Baterai


 Kemenperin dan Produsen Motor Listrik Berembuk Standarkan Baterai Perbesar

CurahMedia.com – Pemerintah melakukan terobosan untuk menumbuhkan industri kendaraan listrik di tanah air. Tujuannya, mencapai target dua juta sepeda motor listrik. Terrobosan itu seperti tren dunia yang bergerak ke arah penggunaan moda transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis target dua juta sepeda motor listrik tercapai. Terbukti, animo para investor untuk membuka fasilitas produksi yang cukup besar.

“Saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas satu juta unit kendaraan per tahun,” jelasnya Selasa (4/10) malam.

Agus mengungkapkan, sebagai upaya mendukung dukungan ekosistem kendaraan listrik di tanah air, Kemenperin tengah menyiapkan satu baterai standar yang sama. Dengan begitu, penggunaan Stasiun pengisian dan tukar baterai bisa lebih mudah.

“Kemenperin sedang melakukan pembicaraan dengan produsen sepeda motor dan baterai agar ada keseragaman dari baterai. Jadi, baterai yang digunakan dari Aceh sampai Papua semuanya sama,” tulisnya.

Ketua Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala menyatakan, peluang mengunjungi sepeda motor listrik pada tahun depan merupakan kelanjutan dari tren tiga tahun belakangan. Tepatnya dari hanya 1.248 unit pada 2019 menjadi 11.789 unit pada 2020, lalu berlanjut ke 13.898 unit pada 2021 dan sampai pertengahan 2022 dipercaya sudah mencapai 19.024 unit.

“Berdasar data Kementerian Perindustrian, jumlah sepeda motor listrik alias EV 2W hampir mencapai 14 ribu unit pada akhir tahun lalu. Angka itu melampaui ekspektasi pertumbuhan tahunan EV 2W yang dicanangkan pada awal 2020,” ujar Sigit.

Direktur PT Integral Motor Indonesia Christian Hartono mengakui, potensi pertumbuhan industri kendaraan listrik ke depan memang terus meninggi. Diler utama United E Motor di Jatim itu mencetak penjualan 150 unit pada tahun lalu.

“Tahun ini kami menargetkan total penjualan kami bisa mencapai 300 unit,” katanya.

Redaktur : Estu Suryowati

Wartawan : (agf/bil/c14/dio)

CURAHMEDIA.COM
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Koalisi G7 Sepakat Patok Harga Minyak Rusia $60 per Barel

3 Desember 2022 - 06:35 WIB

Koalisi G7 Sepakat Patok Harga Minyak Rusia $60 per Barel

Penghargaan BUMN Terbaik PT Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia 2022

3 Desember 2022 - 00:13 WIB

Penghargaan BUMN Terbaik PT Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia 2022

Pengawasan Terintegrasi Diperkuat, Pakar Singgung RUU P2SK

2 Desember 2022 - 22:11 WIB

Asosiasi Pialang Asuransi Dukung Pembentukan Lembaga Penjamin Polis

Transformasi Cigital Beri Keuntungan bagi UMKM

2 Desember 2022 - 21:11 WIB

Transformasi Cigital Beri Keuntungan bagi UMKM

Jangan Sampai Negara Tua, tapi Belum Kaya

2 Desember 2022 - 20:09 WIB

Wanti-wanti Menkeu: Jangan Sampai Negara Tua, tapi Belum Kaya

Kekalahan Gugatan Nikel di WTO Dinilai Belum Berdampak Serius

2 Desember 2022 - 19:21 WIB

Kekalahan Gugatan Nikel di WTO Dinilai Belum Berdampak Serius
Trending di Berita