Menu

Mode Gelap
Duka di Stadion Kanjuruhan, Wagub Riza Patria: Tak Boleh Terulang Anies Baswedan Sebut Polarisasi dalam Politik Tak Hanya Isu Agama

Bank SulutGo · 4 Okt 2022 12:55 WIB ·

BNI dan BSG Kolaborasi Perluas Ekosistem Smart Province di Sulut


 BNI dan BSG Kolaborasi Perluas Ekosistem Smart Province di Sulut Perbesar

CurahMedia.com – Implementasi Smart Province dan digitalisasi layanan masyarakat semakin penting dalam mendukung transparansi transaksi keuangan daerah, tata kelola, serta integrasi sistem pengelolaan keuangan dalam mengoptimalkan pendapatan daerah.

Digitalisasi diyakini akan mendorong pengembangan transaksi pembayaran digital masyarakat, mewujudkan keuangan yang inklusif, serta meningkatkan integrasi ekonomi, dan digital nasional.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) sebagai pionir dalam perbankan digital, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam penggunaan fasilitas layanan jasa perbankan dan dukungan Program Smart Province. Dalam kesempatan ini juga BNI turut mendukung dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo dalam hal Kerjasama institusi.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Direktur Utama BNI Royke Tumilaar. Dilanjutkan pula dengan kesepakatan bersama oleh Direktur Utama Bank Sulut Go Revino Pepah Bersama Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati di Manado, (10/4/2022).

Pada kesempatan ini, BNI turut memberikan CSR berupa Mesin Pengolahan Sampah dan juga Kerjasama Smart Province di Sulawesi Utara, dan mendapatkan Rekor Muri yaitu Smart City dengan Komponen Fasilitas bagi Pemerintah Daerah terbanyak

Revino Pepah menyampaikan Bank SulutGo menambahkan untuk dapat menangkap peluang pertumbuhan ekonomi daerah dengan mendorong inovasi dan akses digital yang lebih kuat kepada pelanggan di daerah Sulawesi.

Melalui kerja sama ini, dia yakin BNI dan Bank SulutGo dapat mendukung peningkatan operasional pelayanan masing-masing melalui pemanfaatan produk dan layanan.

“Kami tentunya mengapresiasi BNI yang membuka peluang kerja sama dengan kami. Pasti ini akan menjadi peluang bagi kami untuk memperkuat tranformasi digital Bank SulutGo dan memberi value prepositition baru bagi nasabah kami,” katanya.

Royke Tumilaar menuturkan implementasi Smart Province ini juga sebagai bentuk dukungan BNI kepada pemerintah kabupaten dan kota menuju 100 Smart City.

Melalui sinergi dengan Bank SulutGo, BNI yakin dapat mendukung tata kelola keuangan Pemerintah Daerah dan pengembangan ekonomi yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Gerakan ini bertujuan untuk mengarahkan Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar dapat lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

“BNI berkomitmen untuk mendukung percepatan digitalisasi dan layanan yang lebih efektif, efisien, transparan, dan layak untuk ditingkatkan, khususnya masyarakat Sulawesi Utara,” sebutnya.

Royke menyampaikan BNI akan membantu mempertemukan berbagai pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem cerdas dengan ruang lingkup yang luas baik dalam pemerintahan, bisnis, maupun konsumen.

BNI juga akan membantu implementasi smart government untuk manajemen informasi sistem keuangan PEMDA, solusi penerimaan berbagai jenis pajak atau pendapatan, dan solusi pembayaran.

Sementara itu, smart economy meliputi ekosistem pasar, ekosistem, ekosistem Nelayan, ekosistem BUMDES dan program BNI Xpora untuk mendukung kinerja UMKM Go Global.

Dengan BNI Xpora dalam peningkatan potensi UMKM di Indonesia melalui ekosistem ekspor agar dapat mengembangkan bisnisnya, serta secara rutin telah melakukan inisiasi business matching dengan diaspora melalui 7 kantor cabang luar negeri yang dimiliki BNI antara lain New York, London, Singapore, Tokyo, Hongkong, Amsterdam dan Seoul.

“BNI juga memiliki smart society yang meliputi ekosistem wisata, ekosistem kesehatan, dan ekosistem pendidikan. Terakhir adalah smart environment yang meliputi program Ayo Menabung dengan Sampah, dan pengelolaan sampah dengan baik dan benar, dimana sampah menjadi layak,” imbuhnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

CURAHMEDIA.COM
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Koalisi G7 Sepakat Patok Harga Minyak Rusia $60 per Barel

3 Desember 2022 - 06:35 WIB

Koalisi G7 Sepakat Patok Harga Minyak Rusia $60 per Barel

Penghargaan BUMN Terbaik PT Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia 2022

3 Desember 2022 - 00:13 WIB

Penghargaan BUMN Terbaik PT Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia 2022

Pengawasan Terintegrasi Diperkuat, Pakar Singgung RUU P2SK

2 Desember 2022 - 22:11 WIB

Asosiasi Pialang Asuransi Dukung Pembentukan Lembaga Penjamin Polis

Transformasi Cigital Beri Keuntungan bagi UMKM

2 Desember 2022 - 21:11 WIB

Transformasi Cigital Beri Keuntungan bagi UMKM

Jangan Sampai Negara Tua, tapi Belum Kaya

2 Desember 2022 - 20:09 WIB

Wanti-wanti Menkeu: Jangan Sampai Negara Tua, tapi Belum Kaya

Kekalahan Gugatan Nikel di WTO Dinilai Belum Berdampak Serius

2 Desember 2022 - 19:21 WIB

Kekalahan Gugatan Nikel di WTO Dinilai Belum Berdampak Serius
Trending di Berita