Menu

Mode Gelap
Duka di Stadion Kanjuruhan, Wagub Riza Patria: Tak Boleh Terulang Anies Baswedan Sebut Polarisasi dalam Politik Tak Hanya Isu Agama

bantuan subsidi upah · 27 Sep 2022 02:48 WIB ·

Jokowi: 7,77 Juta Pekerja Telah Menerima BSU


 Jokowi: 7,77 Juta Pekerja Telah Menerima BSU Perbesar

CurahMedia.com – Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah sudah mengalirkan sebanyak 7,77 juta bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta hingga hari ini, Selasa (27/9). Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

“Jadi sampai saat ini untuk bantuan subsidi upah yang sudah tersalur adalah 7,77 juta. sudah 48,3 persen yang sudah tersalur dan ini terus berjalan dengan kecepatan yang saya lihat dengan sangat baik,” kata Jokowi usai menyaksikan BSU di Kantor Pos Baubau.

Ida memastikan bahwa BSU ini dibagi kepada pekerja dari Sabang sampai Merauke. Ia menyebut total calon penerima BSU di Sulawesi Tenggara sendiri sebanyak 79.675 orang. Sedangkan jumlah yang sudah menerima mencapai 19.286 orang.

“Sulawesi Tenggara sendiri jumlah calon penerimanya ada 79.675 orang yang disaksikan di Kota Baubau. Total penerima sampai sekarang di Sulteng ada 19.286 orang sudah 24,21 persen,” ujarnya.

Total tersebut, kata Ida, diperoleh karena upaya berupaya untuk mewadahi BSU kepada 1-2 juta pekerja dalam setiap minggunya. Bahkan ia menjamin BSU akan disalurkan kepada pekerja dalam kurun waktu satu bulan.

“Setiap minggu kami akan bertahap dan ini setiap minggu 1 juta-2 juta (penerima). Insya Allah dalam kurun satu bulan sudah bisa selesai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 3 akan cair mulai Selasa (27/9). Kemnaker mengungkapkan bahwa penerima BSU 2022 merupakan pekerja yang telah sesuai dengan kriteria penerima tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022.

Adapun syarat penerima BSU ini antara lain, pertama merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Kedua, peserta aktif jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022.

Ketiga, bukan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI atau Polri dan tidak sedang menerima bantuan pemerintah dalam periode yang sama. Seperti kartu prakerja dan program keluarga harapan (PKH).

BSU merupakan program bantuan sosial (bansos) pemerintah di tengah kebijakan kenaikan harga BBM. Bantuan sebesar Rp 600 ribu ini diharapkan dapat menjadi bantalan untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga-harga pangan dan energi.

Editor : Banu Adikara

Wartawan : R. Nurul Fitriana Putri

CURAHMEDIA.COM
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Koalisi G7 Sepakat Patok Harga Minyak Rusia $60 per Barel

3 Desember 2022 - 06:35 WIB

Koalisi G7 Sepakat Patok Harga Minyak Rusia $60 per Barel

Penghargaan BUMN Terbaik PT Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia 2022

3 Desember 2022 - 00:13 WIB

Penghargaan BUMN Terbaik PT Pegadaian Raih Penghargaan Indonesia 2022

Pengawasan Terintegrasi Diperkuat, Pakar Singgung RUU P2SK

2 Desember 2022 - 22:11 WIB

Asosiasi Pialang Asuransi Dukung Pembentukan Lembaga Penjamin Polis

Transformasi Cigital Beri Keuntungan bagi UMKM

2 Desember 2022 - 21:11 WIB

Transformasi Cigital Beri Keuntungan bagi UMKM

Jangan Sampai Negara Tua, tapi Belum Kaya

2 Desember 2022 - 20:09 WIB

Wanti-wanti Menkeu: Jangan Sampai Negara Tua, tapi Belum Kaya

Kekalahan Gugatan Nikel di WTO Dinilai Belum Berdampak Serius

2 Desember 2022 - 19:21 WIB

Kekalahan Gugatan Nikel di WTO Dinilai Belum Berdampak Serius
Trending di Berita