Menu

Mode Gelap
Duka di Stadion Kanjuruhan, Wagub Riza Patria: Tak Boleh Terulang Anies Baswedan Sebut Polarisasi dalam Politik Tak Hanya Isu Agama

Lembaga Kursus dan Pelatihan · 23 Sep 2022 23:14 WIB ·

Sertifikat Kursus Bisa Jadi Modal Kuliah Semester III


 Sertifikat Kursus Bisa Jadi Modal Kuliah Semester III Perbesar

CurahMedia.com – Lulusan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) kini tak perlu ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi (PT). Sertifikat kursus yang diperoleh menjadi modal kuliah 1–2 semester.

Kemudahan itu baru saja diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam program rekognisi pembelajaran akhirnya (RPL) bagi lulusan LKP, Rabu (21/9) malam.

Pada tahap awal, ada empat PT yang siap menerima calon mahasiswa dari LKP-LKP melalui program RPL itu. Yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Terbuka (UT), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati menyampaikan, melalui program tersebut, sertifikat yang dimiliki oleh lulusan LKP dapat dikonversi ke dalam satuan kredit semester (SKS) ketika melanjutkan ke PT.

Misalnya, bagi peserta kursus yang telah menjalani 1–2 tahun, sertifikatnya dapat diakui hingga 24 SKS. Artinya, dia bisa langsung masuk di semester III. ”Pendidikan perlu mendapat dukungan dan terus dikembangkan agar tetap kuat,” tuturnya.

Kiki menyatakan, pengakuan RPL tersebut tidak akan mengurangi kualitas pendidikan. Hal itu pun bukan merupakan upaya pembersihan ijazah. upaya untuk menyusun kompetensi dan keterampilan yang dihasilkan LKP.

Plt Direktur Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wartanto mengakui, selama ini lulusan LKP kerap disamakan dengan mahasiswa baru. Meski, mereka sudah menempuh pendidikan selama 1-2 tahun. Padahal, keterampilan tertentu yang merupakan nilai tambah bagi para lulusan LKP.

”Dengan RPL ini, ada penghargaan dari pendidikan kursus yang sudah diterimanya,” tulisnya. Karena itu, dia berharap para lulusan LKP tak ragu untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang PT.

CURAHMEDIA.COM
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Penjelasan Polisi Soal Mantra dan Kematian Satu Keluarga di Kalideres

3 Desember 2022 - 09:28 WIB

44 Orang Ditetapkan Tersangka Bentrokan Ormas di Mampang

Panglima Benarkan Perwira Paspampres Walikota BF Perkosa Prajurit Kostrad

3 Desember 2022 - 08:27 WIB

Andika Layak Dipertimbangkan Jadi Capres

Jadi Panglima Cuma 1 Tahun, Yudo Harus Siapkan Pengamanan Pemilu 2024

3 Desember 2022 - 07:26 WIB

Jadi Panglima Cuma 1 Tahun, Yudo Harus Siapkan Pengamanan Pemilu 2024

Bharada E Pergoki Perempuan Nangis di Rumah Sambo, Ini Tanggapan LPSK

3 Desember 2022 - 06:25 WIB

Bharada E Pergoki Perempuan Nangis di Rumah Sambo, Ini Respons LPSK

DPR Gelar Paripurna Yudo Margono jadi Panglima pada Selasa Depan

3 Desember 2022 - 05:24 WIB

Alhamdulillah Suami Dipercaya jadi Panglima TNI

Panglima TNI Pecat Perwira Paspampres yang Perkosa Anggota Kostrad

3 Desember 2022 - 04:23 WIB

Panglima TNI Pecat Perwira Paspampres yang Perkosa Anggota Kostrad
Trending di jenderal tni andika perkasa