Alasan Dibalik Kekuatan Pipa HDPE yang Tahan Lama

Alasan Dibalik Kekuatan Pipa HDPE yang Tahan Lama! Semua orang pasti mengenal apa itu pipa HDPE. Pipa ini sudah sering digunakan untuk menampung saluran air. Perlu Anda ketahui bahwa pipa HDPE asli bisa bertahan lama sampai lima puluh tahun dibandingkan dengan pipa air biasa. Kekuatannya yang luar biasa itulah yang membuat pipa HDPE lebih diminati masyarakat dibandingkan pipa air lainnya.

Pipa HDPE

Pipa HDPE

Pipa HDPE merupakan sebuah pipa hasil dari pengembangan rangkaian penelitian dan penyempurnaan bahan polietilenia yang ditemukan tidak sengaja oleh seorang ilmuwan Jerman pada tahun 1898. Sementara untuk bahan hdpe baru ditemukan pada tahun 1951 dan mulai aktif diproduksi pada tahun 1970.

Bahan hdpe merupakan bahan yang ramah lingkungan juga kesehatan. Sebab, diketahui bahwa bahan ini sangat mudah di daur ulang. Sehingga produk yang menggunakan bahan HDPE umumnya memiliki standar food grade, termasuk pipa HDPE tersebut.

Karena pipa air ini memiliki kekuatan, kelenturan yang tinggi dan tingkat keretakan yang rendah, maka harga pipa HDPE pun terbilang cukup tinggi dibanding pipa air biasa. Tetapi, kualitas yang diberikan pipa hdpe tidak akan membuat Anda menyesal. Karena pipa ini memiliki sifat thermoplastik yang tidak bisa berkarat layaknya pipa besi. Oleh karena itu pipa ini dikenal sebagai pipa yang memiliki kekuatan luar biasa.

Sebenarnya, yang membuat pipa HDPE bisa memiliki kekuatan luar biasa yaitu bertahan sampai lima puluh tahun karena terbuat dari bahan hdpe yang luar biasa. Bahan tersebut merupakan salah satu dari percabangan thermoplastik dari bahan polietilenia bermasa jenis tinggi. Bahan tersebut memiliki ikatan molekul yang kuat. Oleh karena itu, pipa air dengan bahan HDPE memiliki kekuatan dan kelenturan sangat baik.

Kemudian, aplikasi dari penggunaan bahan untuk pipa HDPE pun membuat pipa tersebut bisa lebih tahan terhadap pengaruh cuaca. Terutama pada suhu lingkungan tinggi daerah tropis seperti Indonesia ini. Bahan HDPE tersebut terbukti membuat pipa air tersebut bisa bertahan dalam cuaca panas hingga mencapai suhu 60 celcius.

Dengan memiliki kekuatan serta kelenturan tersebut, penggunaan pipa HDPE pun kerap disarankan untuk digunakan di tempat sulit seperti perbukitan dan rawa-rawa. Hal tersebut dikarenakan sifat bahan polietilena yang tak mudah rusak sehingga aman digunakan di lingkungan asam dan basa.

Sistem sambungan persenyawaan sempurna pada pipa HDPE pun merupakan salah satu alasan dari kekuatan pipa yang tahan lama. Perlu Anda ketahui bahwa proses penyambungan pipa tersebut memanfaatkan karakternya thermoplastik. Dimana bahan tersebut bisa mengeras pada suhu normal dan meleleh ketika suhu sangat tinggi atau mencapai 220 celcius.

Prosedur persenyawaan sempurna adalah sebuah proses dimana terjadi pemanasan antara kedua pipa HDPE melalui proses pemanasan. Hal tersebut dilakukan sebelum akhirnya disatukan menjadi satu. Menariknya, proses ini tidak sama sekali meninggalkan bekas sambungan. Bahkan jika Anda coba membelahnya pun tidak akan ada bekas yang terlihat.

Dengan demikian, kekuatan pipa hdpe bisa tercipta karena terbuat dari bahan-baha yang berkualitas.  Tak hanya itu, proses penyambungan yang baik serta dilakukan dengan cara benar pun merupakan salah satu alasan dari kekuatan pipa hdpe ini. Sehingga pipa tersebut tidak mudah rusak dan bisa bertahan lama sampai lima puluh tahun ke depan. Apakah Anda masih penasaran dengan kekuatan pipa hdpe yang tahan lama?